Segmentasi dan Targeting Pasar
Pada Pertemuan Kelima mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Pada Hari Selasa, 17 Maret 2015 oleh Kelompok 4 yaitu Ajeng Marsela, Nur Rizki Devi, Putri andriyani tentang Segmentasi dan Targeting Pasar
A. MARKET SEGMENTATION
1.
Pengertian Segmen
Pasar
·
Menurut buku Philip Kotler dan Gary Armstrong yang berjudul
Marketing An introducing, Segmentasi Pasar, yaitu membagi sebuah pasar
ke dalam kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang mungkin menghendaki bauran
produk atau pemasaran yang terpisah.
·
Menurut buku Gregorius Chandra yang berjudul Strategi Dan
Program Pemasaran, Segmentasi Pasar dapat diartikan sebagi proses
mengelompokkan pasar keseluruhan yang heterogen menjadi kelompok-kelompok atau
segmen-segmen yang memiliki kesamaan dalam hal kebutuhan, keinginan perilaku
dan atau respon terhadap program pemasaran spesifik.
·
Menurut Buku Winardi Yang Berjudul Ilmu Dan Seni Menjual, Segmentasi pasar adalah pengetahuan
dasar yang menyatakan bahwa setiap pasar terdiri dari segmen-segmen yang dapat
dipisahkan, yang terdiri dari pembeli dengan:
- Kebutuhan-kebutuhan yang berbeda.
- gaya pembelian yang berbeda.
- reaksi yang berbeda terhadap
variasi-variasi penawaran.
·
Menurut buku M. Mursid yang berjudul Manajemen Pemasaran, Segmentasi
(Pengelompokkan) Pasar adalah pembagian daripada pasar secara keseluruhan
ke dalam kelompok-kelompok untuk penyesuaian yang lebih tepat dan konkret dan
suatu produk sesuai dengan keinginan, kebutuhan serta karakteristik konsumen.
Dengan demikian dapat disintesiskan bahwa Segmentasi pasar
adalah membagi atau mengelompokkan pasar yang berbeda (heterogen) menjadi
kelompok-kelompok pasar yang homogen, dimana tiap kelompok (segmen) dapat
dpilih sebagai pasar yang dituju (ditargetkan) untuk pemasaran suatu produk
sesuai dengan keinginan, kebutuhan, karateristik serta gaya pembeli atau
konsumen.
2.
Langkah-langkah dalam segmentasi pasar, penetapan pasar
sasaran, dan penentuan posisi pasar
3. Pola Dasar Segmentasi Pasar
Pada garis besarnya kita mengenal 3 pola dasar untuk mengelompokkan pasar yaitu:
a.
geographic segmentation
Pengelompokkan didasarkan atas
daerah di mana para penjual membedakan secara teliti, kira-kira daerah mana
yang bisa memberikan keuntungan yang berbeda-beda.
b.
demographic segmentation
Demographic segmentation ini
dimaksudkan untuk membedakan berbagai macam kelompok atas dasar keadaan suatu
masyarakat yang berubah (demographic variables) seperti misalnya pengelompokkan
dalam bidang umur, jenis kelamin, dan besarnya family, pendapatan, jabatan
kepala keluarga, pendidikan, siklus penghidupan keluarganya (family life
cycle), pengelompokkan bidang agama, social, suku.
c.
Psychographic
Segmentation
Dengan psychographlc segmentation
ini kita mencoba membedakan berbagai macam kebutuhan pembeli atau adalah timbul
sebagai hasil dan kenyataan bahwa kebutuhan pembeli lebih berbeda sepanjang
life style atau personality life daripada demographic lives.
4.
Syarat-syarat
segmentasi yang efektif
Segmen-segmen
pasar harus memiliki ciri-ciri berikut:
- Dapat diukur
Sejauh
mana ukuran dan daya segmen dapat diukur. Variabel segmen sulit diukur. Misalnya, terdapat juta orang bertangan
kidal di AS hampir sama dengan jumlah penduduk Kanada. Beberapa produk
ditargetkan untuk segmen tangan-kidal ini masalah utamanya adalah bahwa segmen
itu sulit untuk diidentifikasi dan diukur.
- Dapat dicapai
Sejauh apa segmen-segmen tersebut dapat dicapai dan dilayani. Misalnya, sebuah perusahaan parfum menemukan bahwa pengguna berat mereknya adalah wanita single yang suka keluar malam dan banyak bergaul.kecuali kelompok ini tinggal dan bebrbelanja pada took tertentu atau dapat diekspos dengan media tertentu, mereka akan sulit dicapai.
- Cukup besar
Sejauh
apa segmen-segmen tersebut cukup besar dan menguntungkan. Sebuah segmen
seharusnya merupakan kelompok omogen sebesar mungkin yang bernilai dan dapat
diikuti dengan sebuah program pemasaran yang disesuaikan. Tidak akan berguna,
misalnya bagi sebuah perusahaan manufaktur otomotif untuk mengembangkan mobil
untuk orang-orang yang tingginya kurang dari empat kaki.
- Dapat dilayani
Sejauh
apa program yang efektif dapat dirancang untuk menarik dan melayani
segmen-segmen tersebut. Misalnya, meskupun sebuah perusahaan kecil dapat
mengidentifikasi tujuh segmen pasar, stafnya terlalu kecil untuk mengembangkan
program pemasaran yang terpisah untuk tiap segmen
5.
Prosedur
segmentasi pasar terdiri dari tiga tahap
·
Tahap survey
Periset
menyelenggrakan wawancara untuk mencari penjelasan dan memusatkan perhatian
pada kelompok untuk memperoleh pandangan terhadap motivasi konsumen, sikap, dan
perilaku.
·
Tahap analisis
Periset
menggunakan analisis faktor pada data untuk membuang variabel yang berkorelasi
tinggi. Kemudian periset menggunakan analisis kelompok untuk menghasilkan
penetapan jumlah segmen maksimum
·
Tahap pembentukan
Masing-masing
kelompok sekarang dibentuk dnegan persyartan perbedaan sikap, perilaku,
demografi, psikografi, dan kebiasaan konsumsi media mereka. Masing-masing
segmen dapat diberi nama berdasarkan sifat-sifat dominan yang
membedakan.
B.
MARKET
TARGETING
1. Penetapan Pasar Sasaran
Evaluasi
terhadap daya tarik segmen pasar dapat dilakukan dengan menggunakan tiga faktor
utama.
a.
ukuran dan potensi
pertumbuhan segmen
b.
karakteristik
structural segmen yang terdiri atas kompetisi, kejenuhan segmen,
protektabilitas, dan risiko lingkungan.
c.
kesesuaian antara
produk dan pasar (product-market fit).
Berikut ini adalah Kriteria Evaluasi Segmen Pasar
1. Menetapkan pelengkap (atribut) yang dianggap penting, dan mengidentifikasi segmen pasar yang berbeda.
2. Menentukan
luas dari segmen pasar.
3. Menentukan
merek-merek yang ada di pasar.
4. Mencari
peluang segmen-segmen pasar yang belum dilayani dan mencari kesukaan yang sama
atau tidak, Mencari hubungan berbagai segmen pasar geographic, demographic dan
psychographic
Strategi sasaran pemasaran
Strategi sasaran pemasaran
a. Sumber-sumber perusahaan
b. Kebersamaan produk (homogeni produk)
c. Tingkat produksi dalam daur hidup
d. Kebersamaan pasaran (homogenitas)
e. Siasat pemasaran bersaing.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar