Minggu, 24 Mei 2015

Analisis Outing Class di Ayam Kremes Keraton Utan Kayu



Pada Hari Selasa, 5 Mei 2015 kami kelas 2013 B melakukan Outing Class mata kuliah Manajemen Pemasaran di Ayam Kremes Keraton (AKK) Utan Kayu. Brikut ini adalah hasil analisa dari Outing Class:
1.       Deskripsi Target Market
Target pasar merupakan salah satu hal terpenting dalam proses marketing, dimana pasar menentukan keberhasilan dari pembuatan sebuah produk. Target pasar Ayam Kremes Keraton (AKK) adalah orang-orang perkantoran dan mahasiswa. Sehingga harga yang ditawarkan pun terjangkau.

2.       Perencanaan Positioning Product
Positioning adalah proses membedakan produk jasa dibandingkan dengan pesaing, terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap pikiran dan keinginan konsumen. Positioning AKK:
a.        Ayam AKK empuk dan tulang ayam bisa dimakan sehingga itu menjadi sebuah keunggulan serta rempah-rempah bumbunya terasa khas jawa.
b.        Semua produk AKK disediakan dalam bentuk paket sehingga harganya lebih murah jadi dapat dinikmati oleh semua kalangan
c.        Tempat didirikan AKK adalah di dipinngir jalan yang merupakan lokasi yang strategis yang bisa dijangkau oleh semua pihak, yang didirikan di sekitar daerah Jakarta. Salah satu cabangnya berlokasi di jalan Utan Kayu.

3.       Market Share
Segmentasi adalah proses membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, perilaku konsumen, yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda. Segmentasi pasar terbagi menjadi beberapa variabel, diantaranya adalah:
a.        Karakteristik Konsumen
1)       Segmentasi Geografik
Salah satu cabang dari AKK yaitu Jalan Utan kayu dan cabang lainnya berada di Sunter, Gading Batavia, Tebet, dan Boulevard Kelapa Gading. Alasan AKK didirikan dipinggir jalan karena dipinggir jalan orang-orang bisa melihat AKK dengan jelas sehingga masyarakat dengan mudah mencari lokasi AKK tersebut.

2)       Segmentasi Demografik
AKK ini bersegmentasi pada sasaran orang-orang perkantoran dan mahasiswa, karena AKK membuat paket makan dengan harga yang terjangkau bagi kantong mahasiswa.

3)       Segmentasi Psikografik
Segmentasi psikografik AKK ini adalah dari segala kelas sosial, gaya hidup atau kepribadian. Tidak ada segmentasi untuk gaya hidup suatu golongan, karena AKK diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menikmati ayam kremes.

b.         Respon Konsumen
Respon konsumen adalah menentukan segmentasi pasar setelah data terkumpul dan dianalisis. Dari persitiwa yang ada, kebanyakan konsumen memilih paket ayam dan sambel yang disediakan dengan 4 varian rasa tersebut konsumen lebih menyukai sambel terasinya. Karena melihat ketertarikkan konsumen dengan sambel terasi, sehingga AKK mengeluarkan paket ayam penyet. Paket ayam penyet ini terdapat sambel terasi yang cukup banyak untuk konsumen.

4.       Strategi Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah seluruh komponen pemasaran yang dapat digunakan dan dikontrol oleh perusahaan untuk memuaskan pelanggan dan mencapai tujuan perusahaan. Ada 7 unsur bauran pemasaran, yaitu:
a.        Product
Makanan yang disediakan disini berupa paket, yaitu ada paket ayam kremes beserta sayur dan tempe tahu, paket nila goreng, paket penyet, paket gurame, dan paket bebek sableng (bebek goreng). Untuk minuman yang disediakan, pada awalnya ada paket teh tawar dan manis, namun karena AKK semakin ramai, pegawai merasa sulit untuk memberikan pelayanan yang cepat maka diganti dengan air mineral yang lebih praktis.
AKK ini menyediakan 4 varian sambel yakni  sambal bawang, sambal terasi,sambal hijau dan sambal penyet. Sehingga konsumen dapat memilih jenis sambal sesuai selera mereka yang sudah tersedia  diatas meja. Namun, menurut saya dengan aneka sambel yang disediakan di meja merupakan salah satu ancaman untuk AKK, karena keempat sabel tersebut terkadang konsumen hanya mencoba-coba saja dan tidak dimakan. Hal tersebut bisa menjadi kerugian AKK karena harus memproduksi semua varian sambel. Solusi yang saya tawarkan, AKK menyediakan menu sambel sehingga konsumen dapat memilih sambel yang disukai dan tidak membuang-buang sambel.

b.        Price
Harga yang ditawarkan AKK terbilang murah karena harga paket dimulai dari harga Rp 18.000. Paket yang ditawarkan sudah termasuk nasi putih, ayam, kremes, lalapan, air mineral. Jika konsumen ingin mengganti nasi putih menjadi nasi uduk, Konsumen hanya menambah Rp 1.000 saja.

c.        Place
Salah satu tempat yang dipilih menjadi cabang AKK adalah di Jalan Utan Kayu. AKK mempunyai 5 cabang di Jakarta, selain di Utan Kayu, cabang AKK berada di Sunter, Gading Batavia, Tebet, dan Boulevard Kelapa Gading. Cabang Utan Kayu ini tempatnya bisa dikatakan strategis karena letaknya berada di sekita orang kantoran dan mahasiswa. Namun, untuk fasilitas yang disediakan AKK Utan Kayu masih belum dibilang memuaskan karena disini tempat parkir masih kecil, tidak adanya musholah, tempat makannya pun hanya 1 lantai saja.

d.        Promotion
Untuk AKK Utan Kayu belum melakukan promosi dengan brosur atau media cetak lainnya. AKK Utan Kayu ini mengandalkan strategi pemasaran melalui mulut ke mulut pelanggan yang datang ke AKK ini. Dengan strategi seperti itu membuat orang yang diceritakan penasaran dan ingin mencoba AKK ini.

e.        People
Sumberdaya yang dimiliki AKK yaitu ada pelayan, OB ,bagian gerobak (penyaji makanan),kasir, cuci piring, dan supervisor. Sementara itu, untuk delivery yaitu ada bagian goreng,bungkus,dan pengantar makanan. Untuk cabang Utan Kayu ini pegawainya berjumlah 17 orang.

f.          Process
Ayam Kremes Kraton (AKK) buka setiap harinya dari jam 10.00-22.00 WIB. AKK menyediakan jasa siap antar juga seperti Pizza Hut Delivery. Pengolahan makanan disini pun ayamnya sudah tinggal goreng di outlet, Ada dapur pusat untuk unkep ayam, kremes juga sudah ada. Kremes dan sambal juga memproduksinya di rumah pemilik. Hal ini dilakukan agar cita rasa tetap terjaga. Dengan hanya satu yang memasak, bisa menjadi suatu kelebihan karena rasa di setiap cabang tidak ada bedanya karena yang memasak dari satu sumber saja.

g.        Physical Environment
Bangunan AKK yaitu dalam bentuk ruko 1 lantai. Di satu lantai tersebut sudah ada kamar mandi, tempat memasak, tempat untuk konsumen makan, dan tempat untuk melayani konsumen. Tampilan bangunannya berwarna kuning yang menonjolkan keraton karena warna kuning ini sangat elegant. Fasilitas yang diberikan yaitu kipas angin, toilet, dan suasana berbau jawa.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar