Pada Hari Selasa, 5 Mei 2015 kami kelas 2013 B melakukan Outing Class mata kuliah Manajemen
Pemasaran di Ayam Kremes Keraton (AKK) Utan Kayu. Brikut ini adalah hasil
analisa dari Outing Class:
1. Deskripsi
Target Market
Target pasar merupakan salah satu hal terpenting
dalam proses marketing, dimana pasar menentukan keberhasilan dari pembuatan
sebuah produk. Target pasar Ayam Kremes
Keraton (AKK) adalah orang-orang perkantoran dan mahasiswa. Sehingga harga yang
ditawarkan pun terjangkau.
2. Perencanaan
Positioning Product
Positioning adalah proses membedakan produk jasa
dibandingkan dengan pesaing, terkait dengan apa yang akan dilakukan terhadap
pikiran dan keinginan konsumen. Positioning AKK:
a.
Ayam AKK empuk dan
tulang ayam bisa dimakan sehingga itu menjadi sebuah keunggulan serta
rempah-rempah bumbunya terasa khas jawa.
b.
Semua produk AKK
disediakan dalam bentuk paket sehingga harganya lebih murah jadi dapat
dinikmati oleh semua kalangan
c.
Tempat didirikan AKK
adalah di dipinngir jalan yang
merupakan lokasi yang strategis yang bisa dijangkau oleh semua pihak, yang
didirikan di sekitar daerah Jakarta.
Salah satu cabangnya berlokasi di jalan Utan Kayu.
3. Market
Share
Segmentasi adalah proses membagi pasar menjadi
kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karakteristik, perilaku
konsumen, yang mungkin membutuhkan produk yang berbeda. Segmentasi pasar
terbagi menjadi beberapa variabel, diantaranya adalah:
a.
Karakteristik Konsumen
1) Segmentasi
Geografik
Salah
satu cabang dari AKK yaitu Jalan Utan kayu dan cabang lainnya berada di Sunter,
Gading Batavia, Tebet, dan Boulevard Kelapa Gading. Alasan AKK didirikan dipinggir jalan karena dipinggir
jalan orang-orang bisa melihat AKK dengan jelas sehingga masyarakat dengan
mudah mencari lokasi AKK tersebut.
2) Segmentasi
Demografik
AKK ini bersegmentasi pada
sasaran orang-orang perkantoran dan mahasiswa, karena AKK membuat
paket makan dengan harga yang terjangkau bagi kantong mahasiswa.
3) Segmentasi
Psikografik
Segmentasi psikografik AKK ini adalah dari segala
kelas sosial, gaya hidup atau kepribadian. Tidak ada segmentasi untuk gaya
hidup suatu golongan, karena AKK diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin
menikmati ayam kremes.
b.
Respon Konsumen
Respon konsumen adalah menentukan segmentasi pasar
setelah data terkumpul dan dianalisis. Dari persitiwa yang ada, kebanyakan konsumen memilih paket ayam dan sambel yang disediakan
dengan 4 varian rasa tersebut konsumen lebih menyukai sambel terasinya. Karena
melihat ketertarikkan konsumen dengan sambel terasi, sehingga AKK mengeluarkan
paket ayam penyet. Paket ayam penyet ini terdapat sambel terasi yang cukup
banyak untuk konsumen.
4. Strategi
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran adalah seluruh
komponen pemasaran yang dapat digunakan dan dikontrol oleh perusahaan untuk memuaskan
pelanggan dan mencapai tujuan perusahaan. Ada 7 unsur bauran pemasaran,
yaitu:
a.
Product
Makanan yang
disediakan disini berupa paket, yaitu ada paket ayam kremes beserta sayur dan
tempe tahu, paket nila goreng, paket penyet, paket gurame, dan paket bebek
sableng (bebek goreng). Untuk
minuman yang disediakan, pada awalnya ada paket teh tawar dan manis, namun
karena AKK semakin ramai, pegawai merasa sulit untuk memberikan pelayanan yang
cepat maka diganti dengan air mineral yang lebih praktis.
AKK
ini menyediakan 4 varian sambel yakni sambal bawang, sambal terasi,sambal hijau dan
sambal penyet. Sehingga konsumen dapat memilih jenis sambal sesuai selera
mereka yang sudah tersedia diatas meja. Namun, menurut saya dengan aneka sambel yang disediakan
di meja merupakan salah satu ancaman untuk AKK, karena keempat sabel tersebut
terkadang konsumen hanya mencoba-coba saja dan tidak dimakan. Hal tersebut bisa
menjadi kerugian AKK karena harus memproduksi semua varian sambel. Solusi yang
saya tawarkan, AKK menyediakan menu sambel sehingga konsumen dapat memilih
sambel yang disukai dan tidak membuang-buang sambel.
b.
Price
Harga
yang ditawarkan AKK terbilang murah karena harga paket dimulai dari harga Rp
18.000. Paket yang ditawarkan sudah termasuk nasi putih, ayam, kremes, lalapan,
air mineral. Jika konsumen ingin mengganti nasi putih menjadi nasi uduk,
Konsumen hanya menambah Rp 1.000 saja.
c.
Place
Salah
satu tempat yang dipilih menjadi cabang AKK adalah di Jalan Utan Kayu. AKK
mempunyai 5 cabang di Jakarta, selain di Utan Kayu, cabang AKK berada di Sunter,
Gading Batavia, Tebet, dan Boulevard Kelapa Gading. Cabang Utan Kayu ini tempatnya bisa dikatakan strategis
karena letaknya berada di sekita orang kantoran dan mahasiswa. Namun, untuk
fasilitas yang disediakan AKK Utan Kayu masih belum dibilang memuaskan karena
disini tempat parkir masih kecil, tidak adanya musholah, tempat makannya pun
hanya 1 lantai saja.
d.
Promotion
Untuk
AKK Utan Kayu belum melakukan promosi dengan brosur atau media cetak lainnya.
AKK Utan Kayu ini mengandalkan strategi pemasaran
melalui mulut ke mulut pelanggan yang datang ke AKK ini. Dengan strategi
seperti itu membuat orang yang diceritakan penasaran dan ingin mencoba AKK ini.
e.
People
Sumberdaya
yang dimiliki AKK yaitu ada pelayan, OB ,bagian gerobak
(penyaji makanan),kasir, cuci piring, dan supervisor. Sementara itu, untuk
delivery yaitu ada bagian goreng,bungkus,dan pengantar makanan. Untuk cabang Utan Kayu ini
pegawainya berjumlah 17 orang.
f.
Process
Ayam Kremes
Kraton (AKK) buka setiap harinya dari jam 10.00-22.00 WIB. AKK menyediakan jasa siap antar juga seperti Pizza Hut
Delivery. Pengolahan makanan disini pun ayamnya
sudah tinggal goreng di outlet, Ada dapur pusat untuk unkep ayam, kremes juga
sudah ada. Kremes dan sambal juga
memproduksinya di rumah pemilik. Hal ini dilakukan
agar cita rasa tetap terjaga. Dengan hanya
satu yang memasak, bisa menjadi suatu kelebihan karena rasa di setiap cabang
tidak ada bedanya karena yang memasak dari satu sumber saja.
g.
Physical Environment
Bangunan AKK
yaitu dalam bentuk ruko 1 lantai.
Di satu lantai tersebut sudah ada kamar mandi, tempat
memasak, tempat untuk konsumen makan, dan tempat untuk melayani konsumen.
Tampilan bangunannya berwarna kuning
yang menonjolkan keraton karena warna kuning ini sangat
elegant. Fasilitas yang diberikan yaitu kipas angin, toilet, dan suasana berbau jawa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar