Minggu, 15 Februari 2015

Alasan Mempelajari Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan



Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.
Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen.
Pengertian manajemen pemasaran jasa adalah proses memasarkan produk barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan memerikan kepuasan kepada konsumen serta bisa mendatangkan keuntungan atau laba bagi sebuah perusahaan.

Saya mengikuti mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa pendidikan karena saya ingin:
  • Agar mampu untuk memahami dan memuaskan pelanggan.
  • Agar mampu memberikan motivasi untuk semua orang yang ada di dalam organisasi maupun perusahaan tersebut agar apa yang kita pasarkan dapat menarik hati konsumen.
  • Dapat menganalisis lingkungan eksternal baik internal maupun eksternal
  • Banyak faktor yang berkontribusi dalam kesuksesan bisnis serta fokus konsumen dan besarnya komitmen untuk memasarkan sesuatu merupakan hal-hal yang mengharuskan kita belajar pemasaran.
  • Dapat mengetahui sasaran pasar jasa pendidikan.
  • Dapat mengenali proses penciptaan dan pengembangan produk jasa pendidikan sehingga bisa menciptakan atau mengembangkan produk sendiri.
  • Mengetahui cara mempromosikan jasa.
  • Agar dapat mengetahui cara membuat kepuasan pelanggan.


2 komentar:

  1. MANAJEMEN PEMASARAN "KONSEP PEMASARAN"

    Pada Pertemuan kedua ini di mata kuliah Manajemen Pemasaran di ruang 306 tepat jam 09.40. Pak Amril Muhammad selaku Dosen mata kuliah Manajemen Pemasaran Jasa menjelaskan tentang Konsep Dasar Pemasaran.

    Banyak faktor yang memperngaruhi bisnis berjalan dengan sukses, faktor tersebut yaitu
    • fokus pada konsumen dan mempunyai komitmen yang besar untuk memasarkan sesuatu
    • Harus mampu untuk memahami dan memuaskan pelanggan dalam target pasar.
    • Kita harus mampu memberikan motivasi untuk semua orang yang ada di dalam organisasi maupun perusahaan tersebut agar apa yang kita pasarkan dapat menarik hati konsumen baik dari penampilan dari produk maupun kualitasnya.
    Apakah Marketing?
    A SOCIAL AND MANAGERIAL PROCESS BY WHICH INDIVIDUALS AND GROUPS OBTAIN WHAT THEY NEED AND WANT THROUGH CREATING AND EXCHANGING PRODUCTS AND VALUES WITH OTHERS.
    (sebuah proses sosial dan managerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui produksi dan pertukaran produk/barang dan nilai dengan orang lain)
    Marketing itu memenuhi dua hal, yaitu
    • Need (Kebutuhan): Marketing untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggannya
    • Want (Keinginan): Individu yang harus di penuhi kebutuhannya
    Produk
    Segala sesuatu yang bisa diperhatikan, diambil, digunakan, yang di makan atau yang dapat memuaskan baik dari kebutuhan dan keinginannya juga termasuk objek-objek fisik, pelayanan, orang, tempat, lembaga, serta ide/gagasan.
    produk dibagi menjadi dua :
    • Goods (Barang) = Tangible (yang dapat terlihat) yaitu yang tampak dan nyata.
    • Services (Pelayanan/Jasa) = Intangible (yang tak terlihat), dapat dirasakan.

    BalasHapus
  2. KONSEP EXCHANGE

    Ada beberapa konsep dasar pemasaran yaitu kebutuhan (needs), keinginan (wants), permintaan (demands), produk (products), nilai (value), kepuasan (satisfaction), mutu (quality), pertukaran (exchanges), transaksi dan hubungan (transaction and relationship) dan pasar (market).
    Berikut ini adalah pengertian dari Exchange (Pertukaran):
    1. Pertukaran menurut buku Sampurno
    Pemasaran dapat terjadi jika seseorang memutuskan untuk memenuhi kepuasan kebutuhan dan keinginannya melalui pertukaran (exchange). Pertukaran adalah suatu aksi untuk memperoleh obyek yang diinginkan dari seseorang yang menawarkannya dengan mengganti sesuatu kepada pihak yang menawarkan.
    2. Exchange atau pertukaran ialah tindakan mendapatkan objek yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalannya.
    3. Pertukaran adalah perbuatan untuk mendapatkan produk yang dibutuhkan dan diinginkan seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran ini akan terjadi apabila memenuhi 5 kondisi sebagai berikut:
    a. Paling tidak terdapat 2 pihak
    b. Masing-masing pihak memiliki sesuatu yang bernilai bagi pihak lain
    c. Masing-masing pihak mampu berkomunikasi dan mengantarkan
    d. Masing-masing pihak bebas menolak atau menerima tawaran
    e. Masing-masing pihak percaya akan lebih baik dari sebelum pertukaran
    Pertukaran dalam praktiknya akan benar-benar terjadi apabila kedua belah pihak dapat menyepakati syarat-syarat pertukaran yang memberikan kebaikan pada kedua belah pihak. Pertukaran merupakan inti proses penciptaan nilai, sebab pertukaran seharusnya dapat membuat kedua belah pihak lebih baik dari pada sebelumnya. Pertukaran dilihat dari suatu proses kejadian, yaitu adanya dua pihak yang melakukan perundingan dan bergerak kearah terjadinya persetujuan.

    BalasHapus